Monday, August 25, 2014

Soto Ayam Ambengan (keluarga nugraha)

SOTO AYAM AMBENGAN
sumber : Astri Nugraha (sudah dimodifikasi http://bundabundi.blogspot.com/2013/05/the-best-homemade-soto-ayam-recipe.html)
note: sebenarnya mau cari resep asli Astri tapi websitenya lagi under maintenance udah seminggu lebih. dulu pernah nyoba resep aslinya n udah enak. jadi gak tau jg apa yg dimodif dari bwh ini:
btw menurut gw, bumbu pemenangnya adalah si udang tumis.
update: arrg hasil masakan 1/2 porsi gw rasanya lari deh, apalagi stlh didiemin 1/2 hari buat dinner, rasanya makin lari... pertama gw salah di takaran gula utk ngerebus ayam, banyakan gw kasi gula drpd garam, yg ada kemanisan tu ayam, smp semut pun udah mendekat. terus di bumbu halus yg jadi kuah, gw gak tau salah dimana, ada bumbu yg kekencengan rasanya. ntah laos atau apa. this is why i find it hard to cook indonesian.. udah takaran resep gak bisa saklek diikuti, versi resep jg banyak, terus klo rasanya gak pas, gw biasanya clueless bumbu mana yg takarannya salah... huaa.... kayanya butuh praktek 2-3 taon masak indonesia tiap hari baru bisa menguasai masakan indonesia huhuhuhu... padahal dulu banget pernah bikin resep ini, ok rasanya :(

Takaran 1/2 porsi:
1/2 ekor ayam / 500 gr
1-2 serai
3 daun jeruk purut
1.5 L air
3 sdt garam
2 sdt gul pasir
* poyah: kerupuk udang + bawang putih goreng

bumbu halus 1/2 takaran:
3-4 butir kemiri sangrai
2 ruas kunyit (1/2 jari/2cm, kupas, rajang halus, bakar or 2 sdt kunyit bubuk)
25gr udang (3 biji), kupas dan tumis sampai matang.
4 butir bamer
3 butir baput
1 sdt lengkuas bubuk (saya 1/2+ cm lengkuas)
1 sdt jahe bubuk (saya 1/2+ cm jahe)
1 sdt ketumbar
1 sdt merica

Resep full porsi:
Bahan full porsi:
1 ekor ayam (saya pakai dada ayam negeri)
2 batang serai, ambil putihnya lalu geprek
5 lembar daun jeruk purut
2.5 L air
6 sdt garam
3 sdt gula pasir

Bumbu halus full porsi:
50 gram udang, kupas dan tumis sampai matang
6 butir bawang merah (saya 10 butir)
5 siung bawang putih
4 ruas kunyit (saya 1 jari dikupas lalu bakar)
1 sdt lengkuas bubuk (saya lengkuas utuh secukupnya, digeprek saja)
2 sdt ketumbar
1 sdt jahe cincang
2 sdt merica bubuk
5 butir kemiri sangrai (saya 4 butir besar dibakar)

Pelengkap:
soun (gw gak pake)
daun bawang
seledri
4 butir telur, rebus, potong membujur
bawang goreng
jeruk nipis
sambal godog
kecap manis
poyah*

*Cara Membuat Poyah:
Krupuk udang dicampur dengan bawang putih goreng, lalu dihaluskan dan ditambah dengan sedikit garam dan gula serta bumbu penyedap secukupnya.

Sambal Godog:
15 cabe rawit (saya 2 rawit + 1 merah)
2 siung bawang putih
------> direbus di kuah soto, lalu ulek beserta garam dan diberi air rebusannya sedikit saat disajikan

Cara Masak:
1. Ayam direbus bersama serai, daun jeruk, garam, kaldu ayam bubuk (saya nggak pakai), dan gula pasir hingga lunak dan matang.
2. Tiriskan ayam, lalu goreng sampai kecoklatan, lalu suwir-suwir kasar.
3. Tumis bumbu halus, lalu masukkan ke dalam kuah. Masak sampai matang.
4. Sajikan soto dengan penataan secantik mungkin *_^.

No comments:

Post a Comment