Wednesday, August 27, 2014

Semur Sapi Simpel

gw baru tau klo semur itu macam2 versi, ada yg versi betawi (katanya lebih kentel dari semur lain), semur palembang, samarinda dst. gw pikir krn manis, semur itu masakan tipikal jawa... ngebrowse 2 tipe resep semur, bumbunya memang rada beda, ada yg pake terasi n ada yg ngga, ada yg gak pake laos salam, ada yg pake jinten tabur, ada yg pake kelapa sangrai... dst. yg di bwh ini gak pake terasi/laos/salam, tp ada pala (n menurut gw sih kudu ada pala). gak tau kenapa ini disebut semur betawi, hasilnya di aku sih gak terlalu kental, tp cocok aja di lidahku yg lidah jawa ini.
http://haniqaseh.blogspot.com/2014/03/resep-cara-membuat-semur-daging-betawi.html

berhubung stok sapi gw tadi 350 gr (cukup 2-3 org), takaran gw sesuaikan dlm tanda kurung di kanan tiap bahan.
update: rasa cukup mendekati. hanya aga kemanisan/kurang pedas. lain kali tambahkan 1 cabe besar ke bumbu halus kayanya. gw pake daging tetelan. di website, ada yg bilang pake daging sengkel. Setelah gw google (krn gak ingat2 apa ini), sengkel/shank itu bagian depan atas kaki sapi. maybe tetelan yg gw beli dari pasar jg dari sengkel? soalnya liat2 gitu.

Bahan-Bahan Semur Daging Betawi :

1/2 kg Daging Sapi iris tipis (or 350 gr)
4 cm Kayu Manis (or 3 cm)
4 butir Cengkeh (or 3)
6-8 sdm Kecap Manis Bango (tergantung selera) (or 4 sdm)
50 gr Tomat potong kecil-kecil (secukupnya/ 1 tomat besar or 1/2 tomat besar + 3 tom kecil)
750 ml Air (or 500ml air)
Bawang Goreng untuk taburan

Bumbu Semur Daging yang dihaluskan:

7 butir Bawang Merah (4 besar or 5 sedang)
4 butir Bawang Putih (3)
4 butir Kemiri (3)
Pala secukupnya (1/4 sdt)
1 SDT Lada Putih bubuk (1/2 sdt)
2 SDT Garam (1 sdt)
1/2 cm Jahe (1/2 cm)

Resep Cara Membuat Semur Daging Betawi Istimewa :

1. Tumis bumbu halus diatas wajan dengan api kecil hingga harum baunya.
2. Masukkan daging yang sudah dipotong-potong ke dalam bumbu halus yang sudah ditumis tadi.
3. Tambahkan air, kecap, kayu manis, tomat, cengkeh, ke dalam daging yang sedang dimasak.
4. Masak semur daging dengan api kecil saja, jika daging sudah terasa empuk berarti semur daging sudah matang.
5. Angkat semur daging yang sudah matang, kemudian taruh dalam wadah. Semur daging betawi istimewa pun siap dihidangkan.

No comments:

Post a Comment